Just another WordPress.com site

Tiru Twitter, Facebook Mulai Verifikasi Akun Pengguna

Jakarta

Facebook melakukan langkah yang sama seperti yang dilakukan Twitter, yakni memverifikasi akun-akun tertentu. Namun, tetap ada perbedaan verifikasi di antara fitur kedua media sosial tersebut.
Penawaran ini baru saja dikeluarkan oleh situs besutan Mark Zuckeberg ini bagi sejumlah user. Bagi penggunanya sendiri, ada keuntungan yang didapat dari akun yang telah lolos ‘tes’. Nantinya akun tersebut akan lebih sering muncul di daftar ‘people to subscribe’.
Twitter adalah inisiator dari ‘verified accounts’ dan mulai memakainya di tahun 2009. Situs besutan Google, yakni Google+ meniru langkah ini sesaat setelah ia diluncurkan.
Namun untuk penerapannya di Facebook, ia memiliki perbedaan dengan versi Twitter. Dikutip detikINET dari YahooNews, Jumat (17/2/2012), Facebook tidak akan mendisplay badge apapaun di akun yang telah ia ‘cap’.
Nah, untuk menggantikan langkah itu, pengguna yang sudah diverifikasi akan diberikan opsi untuk mendisplay nickname alih-alih nama asli mereka. Seperti diketahui Facebook sebenarnya meminta semua pengguna untuk memakai nama asli.
Bagaimana cara mendapatkan verisifikasi ini? Dikatakan, pengguna diminta untuk mengirimkan foto ID, sertifikat kelahiran atau kartu kredit ke Facebook. Meski disadari pihaknya bahwa langkah ini tak mudah, namun Facebook berjanji akan menghapus data ini seusai proses verifikasi.
Yang patut dicatat adalah, penawaran ini tidak berlaku untuk semua pengguna, melainkan untuk sejumlah kalangan saja, agaknya mereka yang memiliki subscriber banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s