Just another WordPress.com site

Apple Pamerkan Sistem Operasi ‘Singa Gunung’

California – Apple memperkenalkan sistem operasi baru untuk komputer Mac, OS X Mountain Lion. Mountain Lion atau Singa gunung ini telah dirilis untuk para developer dan rencananya akan bisa dinikmati konsumen pada pertengahan tahun 2012 ini.

Yang menarik, Mountain Lion membawa fitur-fitur mirip dengan iOS, sistem operasi iPhone dan iPad. Mountain Lion terintegrasi dengan iCloud. Ketika user mengaktifkan komputer Mountain Lion pertama kali, mereka diberi opsi untuk sign in dengan Apple ID, lalu otomatis akan set up iCloud, FaceTime, iTunes Store serta Mac App Store.

Di Mountain Lion, aplikasi messaging yang disebut Messages hadir menggantikan iChat. Mirip di iOS, dibenamkan fitur Reminders dan Notes serta Game Center. Juga terdapat Notification Center untuk mengingatkan user jika ada email, pesan baru dan sebagainya.

Kabar baik bagi pengguna Twitter yang gemar komputer Mac. Seperti dikutip detikINET dari USAToday, Jumat (16/2/2012), Twitter juga terintegrasi di Mountain Lion. Di browser Safari, Preview, Photo Booth dan Quick Look, pengguna bisa mengirimkan tweet.

Fitur lain yang mendapat perhatian adalah AirPlayMirroring serta Gatekeeper. Berkat AirPlay Mirroring, user bisa menampilkan layar komputer ke televisi yang terkoneksi Apple TV secara wireless, dengan dukungan resolusi definisi tinggi.

Sedangkan Gatekeeper adalah fitur sekuriti baru untuk keamanan Mac. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melakukan setting agar komputer Mac hanya menerima software dari Mac App Store.

Mountain Lion dinilai menunjukkan bahwa Apple terus berupaya menjaga kesatuan ekosistemnya. Hal itu terlihat jelas kerena mereka membuat aplikasi dan interface yang hampir sama di semua gadget produksinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s