Just another WordPress.com site

Rusa Lada Hitam di Jalur Puncak

Jakarta – Sebuah rumah makan di Cipayung – di lintasan Bogor-Puncak – ternyata mempunyai menu unik yang belum cukup diketahui banyak orang. Di sini, kita dapat memesan berbagai masakan dari daging kuda, rusa, kelinci, biawak, kambing, sapi, ayam, bebek, belut, tutut (keong sawah), dan lain-lain.

Berbagai daging ini dimasak dengan cara-cara yang populer: sate, tongseng, gule, sop, dan lada hitam. Artinya, di sini kita bisa pesan sate kuda, sate rusa, sate kelinci, sate biawak, sate kambing, sate sapi, sate ayam, sate bebek, sate belut, dan sate tutut. Kalau kita ingin masakan tongseng, kita juga dapat memilih dagingnya dari berbagai pilihan yang tersedia itu. Kelinci juga dimasak dengan cara goreng tepung, dan bakar. Sedang untuk tutut juga tersedia bakwan tutut.

Dari semua tawaran protein hewani itu, yang paling mahal adalah masakan dari daging rusa. Jangan buru-buru menduga bahwa daging rusanya diperoleh dari hasil pembantaian rusa di Istana Bogor yang mengalami kelebihan populasi. Ekaria Permai khusus mendatangkan daging rusa liar dari Kalimantan Timur.

Harga masakan dari daging rusa harganya sekitar Rp 75 ribu per porsi. Bandingkan, misalnya, dengan masakan serupa dari daging biawak (Rp 45 ribu), kuda (Rp 45 ribu), kelinci (Rp 25 ribu), bebek (Rp 25 ribu), atau tutut (Rp 17.500).

Favorit saya di sini adalah rusa lada hitam. Irisan tipis-tipis daging rusa ditumis dengan lada hitam, ditambah rajangan bawang bombai dan paprika hijau. Dagingnya sama sekali tidak berbau. Harum lada hitam menguar dari masakan istimewa ini. Daging rusanya lembut dan empuk. Kalau boleh dibandingkan, daging rusa sangat mirip tekstur dan citarasanya dengan daging sapi muda. Top markotop!

Dari beberapa kali kunjungan saya ke restoran ini, saya akui bahwa mutunya konsisten selama ini. Saya terutama menyukai masakan-masakan sayurnya yang selalu segar dan dimasak dengan teknik yang benar – tidak overcooked, crunchy.

Di samping masakan-masakan khusus tersebut, Ekaria Permai juga menyajikan berbagai masakan Tionghoa klasik, seperti: sop kepiting, sop asparagus kepiting, sop jagung kepiting, sapo tahu seafood, kakap tahu tausi, gurame asam manis, gurame tahu sayur asin, fuyunghai, dan lain-lain.

Selain masakan Tionghoa, Ekaria Permai ternyata juga menerima pesanan kambing guling, dan menyediakan berbagai masakan Sunda, seperti: paket nasi timbel komplet, pepes ikan mas duri lunak, tumis genjer, dan lain-lain.

Sekadar catatan: di kartu nama restoran ini tercantum pernyataan: dijamin halal. Satu tambahan catatan lain: restoran ini ternyata juga menyediakan layanan WiFi gratis. (Bondan Winarno)

Ekaria Permai
Jalan Raya Cipayung 307, Puncak
0251 253774, 0812 1103292

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s