Just another WordPress.com site

Mutton Qorma Little India

Bali – Dulu, warung kecil ini dikenal dengan nama Warung Nasi Goreng. Dimiliki dan diawaki oleh orang-orang Jawa Timur asal Nganjuk. Nasi gorengnya menjadi kecintaan wisatawan nusantara maupun wisatawan asing yang cekak koceknya. Maklum, nasi goreng termasuk comfort food yang disukai banyak orang.

Ketika saya singgah lagi ke sana, we ladalah, kok sudah bermetamorfosa menjadi Little India? Tetapi, lho, kok orang-orang yang mengawakinya masih sami mawon?

Ternyata, warung ini memang baru saja bersalin nama. Pemiliknya sama, awaknya pun sama. Menunya dimekarkan. Sekarang mewakili kuliner dari tiga negara: Indonesia, Thai, dan India. Artinya, nasi goreng tetap tersedia dan dapat dipesan di sini. Pilihan nama Little India tentulah untuk sebuah maksud agar menu India-nya menjadi tujuan tamu mampir ke situ.

Orang Barat menamakan tempat kecil sederhana seperti ini dengan istilah: a whole in the wall. Saking kecilnya! Nasi goreng dan makanan Thai dibuat a la minute – artinya: setiap ada pesanan, baru dibuat. Beberapa jenis makanan India sudah siap saji, dan tinggal dihangatkan.

Kali ini saya pilih masakan India. Naan (roti), daal (sup lentil), mutton qorma (kari kambing manis), dan aloo ghobi (kari kentang dan kembang kol). Naan-nya dibuat a la minute. Sekalipun digoreng di wajan – tidak di dalam gentong tandoori – tetapi rasa dan teksturnya boleh tahan. Juga tersedia garlic naan bila dikehendaki.

Daal-nya sip markusip, begitu juga aloo ghobi-nya. Tetapi, mutton qorma-nya wajib mendapat nilai mak nyuss! Daging kambingnya empuk, dengan bumbu yang meresap ke dalam setiap serat dagingnya. Ini pertanda dimasak sempurna, dengan api kecil tetapi waktu memasak yang lama. Beberapa lembar daun kari (salam koja) masih tampak, memberi aroma harum yang membuai. Usapan rasa manis dengan anggunnya meredam rempah kuat sajian ini. (Bondan Winarno)

Little India
Jalan Hanoman
Banjar Padang Tegal
Ubud, Bali
+62361977161

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s